Translate

Monday 18 February 2013

Teropong Kimia : Lebah dan Tawon

Bismillaahirrahmanirrahiim

Apa itu Lebah ?
Lebah adalah sejenis serangga yang berwarna belang (kuning dan hitam) yang bisa menghasilkan madu. Madu ini terdapat di sarangnya. Dalam kehidupan lebah, ada seekor lebah yang dikenal dengan Ratu lebah. Sedangkan yang lainnya adalah prajuritnya. Jadi, prajuritnya patuh pada ratu lebah.


Apa itu Tawon ?
Tawon adalah serangga yang mirip lebah tetapi tidak sama dengan lebah. Serangga ini memiliki warna hitam/abu-abu, memiliki sarang yang berwarna abu-abu dan berlubang, dan biasanya tergantung di dahan-dahan pohon. Kalau orang Padang biasanya menyebutnya Tabuan.

Berikut penjelasan apabila teman-teman disengat oleh dua ekor serangga ini .

Simak yaaaa....

Ketika seekor lebah menyengat tubuh teman-teman, maka saat itu dia sedang menginjeksikan atau memasukkan asam ke dalam kulit teman-teman. Nah, teman-teman bisa mengobatinya dengan menggunakan Natrium Bikarbonat. Natrium bikarbonat akan menetralisasi sengatan itu karena ia bersifat alkali atau basa.
Dan ketika teman-teman disengat oleh tawon, teman-teman tidak bisa mengobatinya dengan Natrium Bikarbonat, karena sengatan tawon bersifat basa. So, teman-teman bisa mengobatinya dengan menggunakan asam cuka, karena cuka bersifat asam. Jadi, netral dech....
Insya Allah, sembuh ....
:-)

(Sumber : Chemistry Science Foundation, B. Milner dan R. Oliver)

***Semoga Bermanfaat***


No comments:

Post a Comment