Translate

Saturday 23 February 2013

Mak Comblang dalam Kimia

Bismillaahirrahmanirrahiim

Siapakah mak comblang itu ?
Dalam kehidupan remaja, mak comblang berfungsi sebagai perantara antara dua remaja yang saling jatuh cinta. Sehingga keduany bisa cepat jadian atau pacaran, tetapi mak comblang sendiri tidak dapat membuat dua remaja jadian atau berpacaran , manakala keduanya tidak saling jatuh cinta. Ketika dua remaja berpacaran, maka mak comblang tidak ikut berpacaran, bukan ? Jadi ia hanya sebagai pengantar dua remaja tersebut agar cepat berpacaran.

Nah, apa hubungannya dengan kimia ?
Let's read more....

Dalam ilmu kimia, terdapat juga sifat zat seperti mak comblang tersebut. Nama zat tersebut adalah zat katalisator. Katalisator adalah zat yang dapat mempercepat reaksi (katalisator positif) atau memperlambat reaksi (katalisator negatif). Namun, secara umum, sebutan katalisator diperuntukkan bagi zat yang mempercepat reaksi. Sedangkan zat yang memperlambat reaksi disebut inhibitor.

Adanya katalisator dapat menurunkan energi pengaktifan (Ea), sehingga partikel-partikel yang bereaksi lebih mudah mencapai energi pengaktifan da menghasilkan tumbukan yang efektif. Energi pengaktifan adalah energi minimum yang harus dimiliki oleh suatu partikel untuk menghasilkan tumbukan yang efektif (tumbukan yang menghasilkan reaksi). Perlu diingat, katalisator tidak dapat membuat reaksi yang tidak berlangsung menjadi berlangsung. Selain itu, katalisator akan terbentuk kembali ketika reaksi telah selesai berlangsung, artinya katalisator tidak ikut bereaksi. Dia hanya digunakan untuk mempercepat reaksi, bukan ikut bereaksi.

Nah, readers, itulah sebutan "Mak Comblang" dalam ilmu kimia.

Terima kasih sudah dibaca ya readers...

***Semoga Bermanfaat***

:-)

No comments:

Post a Comment