Translate

Tuesday 13 November 2012

Pengertian Besaran-besaran Pokok

Bismillaahirrahmanirrahiim

Besaran pokok 
Yaitu besaran yang berdiri sendiri dan tidak diturunkan dari besaran yang lain. Contohnya : Panjang, waktu, suhu, massa, dll.
Ada 7 macam besaran pokok berdimensi dan 2 besaran pokok tidak berdimensi.
Tujuh macam besaran pokok yang berdimensi itu adalah :
1. Panjang (meter), yaitu jarak yang ditempuh oleh cahaya di ruang vakum dalam waktu 1/299.792.458. Dimensinya adalah [L].
2. Waktu (sekon), yaitu waktu yang diperlukan untuk 9.192.631.770 siklus pada radiasi yang berhubungan dengan transisi antara dua tingkat hiperfin dengan keadaan dasar atom 133 Cs (Cesium). Dimensinya adalah [T].
3. Massa (kilogram), yaitu massa pada Standar Internasional untuk bobot dan ukuran yang disimpan Sevres, Perancis. Dimensinya adalah [M].
4. Kuat Arus (Amper), yaitu arus pada dua kawat panjang paralel yang terpisah sejauh 1 meter dan menimbulkan gaya magnetik per satuan panjang sebesar 2 x 10-7 N/m. Dimensinya adalah [I].
5. Suhu (Kelvin), yaitu 1/273,16 dari temperatur termodinamika pada triple point air. Dimensinya adalah [0] (teta).
7. Jumlah zat (mol), yaitu jumlah zat yang mengandung satuan elementer sebanyak jumlah atom di dalam 0,012 kg Carbon-12. Satuan elementer dapat berupa atom, molekul, ion, elektron, dan harus ditentukan. Dimensinya adalah [N].

Sedangkan 2 besaran pokok yang tidak berdimensi adalah sebagai berikut :
1. Sudut Bidang (Radian atau Rad).
2. Sudut ruang (Steradial atau SR).

No comments:

Post a Comment