Translate

Wednesday 14 November 2012

James Prescott Joule

Bismillaahirrahmanirrahiim

James Prescott Joule adalah ahli fisika Inggris. Ia lahir di Selford, Inggris, pada tanggal 24 Desember 1818. James Prescott Joule tidak pernah duduk dibangku sekolah sampai umur 17 tahun karena sering sakit-sakitan, sehingga ia terpaksa belajar di rumah. Ayahnya membelikannya semua buku yang diperlukannya dan menyediakan sebuah laboratorium. Meskipun guru mengajar di rumahnya, namun sebagian besar pengetahuannya diperolehnya dari belajar sendiri. Pelajaran yang cukup sulit baginya adalah matematika.
Pada usia 17 tahun, ia baru mengalami rasanya duduk di bangku sekolah. Selain rajin belajar, Joule rajin juga mengadakan eksperimen dan menulis buku, sehingga pada usia 22 tahun ia telah berhasil menerbitkan buku tentang ekuivalen mekanik panas dan empat tahun kemudian ia menerbitkan buku tentang hubungan dan kekekalan energi. Nama Joule kemudian dipakai sebagai nama satuan energi.
James Prescott Joule adalah orang yang sederhana dan taat kepada agama. Pada akhir hidupnya ia menyesal dan kecewa karena banyak penemuan ilmiah dipakai untuk kepentingan perang. James Prescott Joule meninggal dunia pada tanggal 11 Oktober 1889 pada usia 71 tahun.

No comments:

Post a Comment