Translate

Wednesday 14 November 2012

Johannes Kepler

Bismillaahirrahmanirrahiim

Johannes Kepler, lahir di Wurttemberg, Jerman, pada tanggal 27 Desember 1571. Ia adalah seorang ahli astronomi dan matematika Jerman, penemu hukum Kepler, bapak optika modern, bapak astronomi modern, penemu teori cahaya, penemu teleskop kepler dan pengarang.
Masa kecil Johannes Kepler penuh dengan penderitaan. Ia lahir sebelum waktunya, badannya kurus, lemah, dan sering sakit-sakita. Hal itu disebabkan karena ia tidak terurus oleh kedua orang tuanya, terutama ayahnya yang tidak mau memberi makan untuk keluarganya.
Untunglah kepala daerah Wuttemberg baik hati. Kepler dijadikan anak angkat dan dibiayai sekolahnya. Ia sangat cerdas sehingga mendapat beasiswa untuk melanjutkan kuliah di universitas Tubingen. Kemudian, ia diangkat sebagai asisten Tycho Brahe, ahli matematika di istana kaisar Romawi yang meneliti tentang benda-benda langit. Setelah kematian Tycho Brahe, ia memanfaatkan data-data hasil pengamatan tycho Brahe. Dengan ketekunan dan ketelitiannya, setelah mempelajari data-data Tycho selama 8 tahun, Kepler menemukan orbit planet yang sebenarnya. Penemuannya ini, ia paparkan dalam bukunya yang berjudul Astronomi Baru (1609), isinya antara lain mengenai hukum Kepler.  

No comments:

Post a Comment