Translate

Wednesday 14 November 2012

Makalah Teknologi Informasi

Bismillaahirrahmanirrahiim

BAB I
PENDAHULUAN
                        

1.1  Latar  Belakang

      Pada zaman era globalisasi saat ini,  banyak perubahan yang terjadi pada kehidupan di masyarakat kita. Hal ini disebabkan oleh semakin berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi informasi. Baik dalam dunia industri, politik, ekonomi, maupun dalam dunia pendidikan.   Ilmu pengetahuan dan teknologi  informasi yang berkembang dan semakin canggih, dapat mempermudah kita dalam melakukan kegiatan apapun. Seperti adanya media internet, laptop, netbook, komputer, handphone, televisi, telepon, iPad dan lain-lain.  Serta ditambah lagi dengan layanan-layanan  informasi yang ada di internet seperti facebook, twitter, my space, blogspot, wordpress, google, e-mail dan lain-lain . Dengan cara “klik” dan “sentuhan” ,  kita akan mendapatkan informasi yang kita inginkan dengan cepat. Selain ilmu pengetahuan yang didapatkan dari teknologi informasi tersebut, kita juga dapat menyegarkankan pikiran dengan adanya pemainan-pemainan yang ada di media internet. Seperti permainan point blank, perjuangan semut, farm ville, dan sebagainya.
      Akan tetapi, berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi dapat memberikan pengaruh yang cukup besar bagi masyarakat kita. Terutama bagi kalangan generasi muda. Pengaruh atau dampak pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi ini dapat bersifat positif dan negatif. Bersifat positif apabila ilmu pengetahuan dan teknologi informasi digunakan secara sewajarnya atau dapat dijadikan tambahan ilmu yang bermanfaat. Dan bersifat negatif , apabila ilmu pengetahuan dan teknologi informasi digunakan untuk hal-hal yang tidak bermanfaat dan bahkan dapat merugikan diri sendiri. Oleh karena itu, penulis akan membahas tentang teknologi informasi serta dampak positif dan negatifnya. Dan juga solusi agama islam terhadap dampak negatif teknologi informasi tersebut.

1.2 Ruang lingkup

      Adapun ruang lingkup pembahasan teknologi informasi ini adalah sebagai berikut :
1.      Dampak positif teknologi informasi;
2.      Dampak negatif teknologi informasi;
3.      Solusi islam terhadap dampak negatif teknologi informasi.

1.3  Tujuan

Adapun tujuan dalam penulisan makalah ini adalah sebagai berikut :

1.      Untuk memberikan penjelasan tentang teknologi informasi;
2.      Untuk mengetahui dampak positif  tekologi informasi;
3.      Untuk mengetahui dampak negatif  teknologi informasi;
4.       Untuk mengetahui solusi islam terhadap dampak negatif  teknologi informasi.


BAB II
PEMBAHASAN

                                                                       
2.1 Pengertian Teknologi Informasi 
      Teknologi informasi adalah  istilah umum yang menjelaskan teknologi apapun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikn dan menyebarkan  informasi. Teknologi menyatukan komputasi dan komunikasi berkecepatan tinggi untuk data, suara, dan video. Contoh dari teknologi informasi bukan hanya komputer, tetapi juga termasuk telepon, handphone, netbook, iPad dan sebagainya.
      Selain itu, teknologi informasi juga dapat didefinisikan sebagai suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data, termasuk memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas, yaitu informasi yang relevan, akurat, tepat waktu, yang digunakan untuk keperluan pribadi, bisnis, dan pemerintahan serta merupakan informasi yang strategis untuk pengambilan keputusan.

2.2 Dampak Positif  Teknologi Informasi
      Teknologi informasi dapat memberikan dampak positif dalam berbagai bidang, yaitu sebagai berikut :
1.      Bidang Politik
a.       Timbulnya kelas menengah baru
Kemampuan, keterampilan serta gaya hidup mereka sudah tidak banyak berbeda dengan kelas menengah di negara-negara Barat. Dapat diprediksikan, kelas menengah baru ini akan menjadi pelopor untuk menuntut kebebasan politik dan kebebasan berpendapat yang lebih besar.
b.      Terjadinya proses regenerasi kepemimpinan
Hal ini akan berdampak dalam gaya dan substansi politik yang diterapkan. Sehingga nafas kebebasan dan persamaan semakin kental.
                              
c.       Tumbuhnya regionalisme
Kesadaran regionalisme dapat terwujud dalam bidang kerjasama ekonomi, sehingga regionalisme  akan melahirkan kekuatan ekonomi baru.

2.      Bidang Informasi dan Komunikasi
a.       Kita akan lebih cepat mendapatkan informasi- informasi yang akurat dan terbaru di bumi bagian manapun melalui internet.
b.      Kita dapat berkomunikasi dengan teman, sahabat,  maupun keluarga yang sangat jauh hanya dengan menggunakan handphone.
c.       Kita mendapatkan layanan bank dengan sangat mudah.
d.      Kita dapat berkomuniksi dan saling bertukar informasi  melalui jejaring sosial yang ada di internet.

3.      Bidang Ekonomi dan Industri
a.       Pertumbuhan ekonomi yang semakin tinggi.
b.      Terjadinya industrialisasi.
c.       Produktivitas dunia industri semakin meningkat.
Kemajuan teknologi akan meningkatkan kemampuan produktivitas duni industri, baik dari aspek teknologi industri maupun pada aspek jenis produksi.
d.      Persaingan dalam dunia kerja.
Hal ini akan menuntut pekerja untuk selalu menambah skill dan pengetahuan yang dimiiki.

4.      Bidang Sosial dan Budaya
a.       Perbedaan kepribadian pria dan wanita
Banyak pakar yang berpendapat bahwa sekarang semakin banyak wanita yang memegang posisi sebagai pemimpin, baik dalam dunia pemerintahan maupun dalam dunia bisnis daripada pria.

b.       Meningkatnya rasa percaya diri
Perkembangan dan kemajuan ekonomi telah meningkatkan rasa percaya diri dan ketahanan diri sebagai suatu bangsa akan semakin kokoh.
c.       Timbulnya kompetisi yang tajam
Hal ini akan melahirkan generasi yang disiplin, tekun dan bekerja keras.

5.      Bidang Pendidikan
a.       Munculnya media massa
Dampak dari hal ini adalah guru bukanlah satu-satunya sumber ilmu, tetapi media massa juga dapat menjadi sumber ilmu.

b.      Munculnya metode-metode pembelajaran yang baru
Hal ini dapat memudahkan siswa dan guru dalam proses pembelajaran. Metode-metode baru tersebut membuat siswa mampu memahami materi-materi yang abstrak.

c.       Sistem pembelajaran tidak harus melalui tatap muka
Pembelajaran dapat dilakukan melalu internet dan telepon genggam.

2.3 Dampak Negatif Teknologi Informasi
      Selain dari dampak positif, teknologi informasi juga dapat memberikan dampak negatif dalam berbagai bidang, yaitu sebagai berikut :
1.      Bidang Informasi dan Komunikasi
a.       Adanya pemanfaatan jasa komunikasi oleh jaringan teroris.

b.      Penggunaan informasi tertentu dan situs tertentu yang terdapat di internet yang bisa disalahgunakan oleh pihak tertentu untuk tujuan tertentu.

c.       Kerahasiaan alat test semakin terancam
Melalui internet kita dapat memperoleh informasi tentang test psikologi dan bahkan dapat memperoleh layanan test psikologi secara langsung dari internet.

d.      Timbulnya kecemasan teknologi.
Kecemasan skala kecil akibat teknologi komputer. Kerusakan komputer terserang virus, kehilangan berbagai file penting dalam komputer, dan rusaknya  modem internet karena disambar petir.

2.      Bidang Sosial dan Budaya
a.       Kemerosotan moral di kalangan masyarakat, khususnyadi kalangan remaja dan pelajar.
Kemajuan ekonomi yang terlalu menekankan pada upaya pemenuhan berbagai keinginan material, telah menyebabkan sebagian warga masyarakat menjadi kaya dalam materi tetapi miskin dalam rohani.

b.      Kenakalan dan tindak menyimpang di kalangan remaja semakin meningkat, sehingga lemahnya kewibawaan tradisi-tradisi yang ada di masyarakat.
Seperti gotong-royong dan tolong-menolong telah melemahkan kekuatan-kekuatan sentripental yang berperan penting dalam menciptakan kesatuan sosial., banyak terjadinya perkelahian, pelanggaran lalu lintas dan bahkan sampai tindak kejahatan.

c.       Pola interaksi antarmanusia yang berubah
Kehadiran komputer pada kebanyakan rumah tangga golongan menengah ke atas telah mengubah pola interaksi keluarga. Komputer yang disambungkan dengan telepon telah membuka peluang bagi siapa saja untuk berhubungan dengan dunia luar. Saat ini, semakin banyak orang yang menghabiskan waktunya sendirian dengan komputer atau laptop.

3.      Bidang Pendidikan
a.       Kerahasiaan alat test semakin terancam.
Test psikologi yang ada akan mudah sekali bocor dan pengembangan tes psikologi harus berpacu dengan kecepatan pembocoran melalui internet tersebut.

b.      Penyalahgunan pengetahuan bagi orang-orang tertentu untuk melakukan tindak kriminal.
                                   
2.4 Solusi Islam Terhadap Dampak Negatif Teknologi Informasi
      Allah berfirman dalam surat Yunus ayat 101, yang berarti : “Katakanlah, “Perhatikanlah apa yang ada di langit dan di bumi !” Tidaklah bermanfaat tanda-tanda (kebesaran Allah) dan rasul-rasul yang memberi peringatan bagi orang yang tidak beriman.”
       Pengaruh teknologi informasi cenderung memiliki dampak negatif  yang lebih besar dibandingkan dampak positifnya. Sebagai muslim, terkadang kita juga terpengaruh oleh dampak negatif perkembangan teknologi informasi tersebut. Agar kita tidak terjebak ke dalam dampak negatif dari perkembangan teknologi informasi itu, maka agama islam memberikan beberapa solusi terhadap dampak negatif teknologi informasi yang berkembang saat ini, yaitu sebagai berikut :
1.      Resesif, artinya kita harus menerima kemajuan teknologi informasi dengan bijak.
2.      Selektif, artinya kita harus memilah dan memilih mana yang baik dan mana yang tidak. Dan harus mengingat dasar Al-Qur’an, hadits, dan sunnah.
3.      Digesif, artinya teknologi informasi itu perlu diarahkan, tentunya untuk amal ma’ruf  nahi munkar.          
4.      Adaptif, artinya perlu juga teknologi informasi itu kita sesuaikan dengan jati diri kita sebagai muslim, yang pastinya sesuai dengan dasar dan ajaran islam.
5.      Transmitif, artinya gunakan perkembangan teknologi informasi untuk menyiarkan agama islam.
6.      Menggunakan teknologi informasi untuk tujuan-tujuan yang bermanfaat.
7.      Kuatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT, dengan melaksanakan perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya.
8.      Dan selalu mengingat Allah SWT kapanpun dan dimanapun, sehingga dapat mengontrol diri dalam memanfaatkan teknologi informasi yang telah maju ini.

                                                                          BAB III
PENUTUP



3.1      Kesimpulan
Jadi, kemajuan teknologi informasi memberikan dampak positif dan  negatif terhadap kehidupan kita. Hanya tinggal pilihan kita yang mana hendak dituju, positifkah atau  negatif. Dan jangan lupa  kendalikan diri kita ke arah yang lebih baik terhadap kemajuan teknologi informasi saat ini.


3.2     Saran
Penulis menyarankan pada pembaca, agar menggunakan manfaat yang positif apabila dampak dari perkembangan teknologi komunikasi dan informasi itu bisa bermanfaat dalam kehidupan umat islam. Dan jauhilah dampak negatif apabila cenderung bersifat menjerumuskan ke dalam kebathilan.

 
 
DAFTAR PUSTAKA

http://id.wikipedia.org/wiki/teknologi-informasi, diakses tanggal 22 Oktober 2012, pukul 05.00 WIB.
http://www.scribd.com/doc/dampak-teknologi-informasi, diakses tanggal 22 Oktober 2012, pukul 05.05 WIB.
Margiono, Junaidi Anwar, Latifah. 2007. Pendidikan Agama Islam  SMK.   Jakarta : Yudistira.

No comments:

Post a Comment