Translate

Thursday 5 April 2012

SMAK Padang Menuju Sekolah Adiwiyata

Bismillaahirrahmanirrahiim


Sekolah adiwiyata adalah sekolah yang berwawasan lingkungan, di mana suasana sekitar sekolah dibuat nyaman. Sekolah adiwiyata menuntut agar seluruh pihak sekolah memelihara dan menjaga lingkungan hidup. Hal ini dapat diwujudkan dengan penanaman pohon, membuang sampah pada tempatnya, dan lain-lain.

Untuk menuju sekolah adiwiyata, SMAK Padang telah melakukan suatu aplikasi terhadap siswa-siswinya. Pada tanggal 5 April 2012 kemaren, guru-guru di SMAKPA mengadakan suatu acara lomba, yaitu lomba kreativitas siswa dan lomba pemisahan sampah organik dan anorganik. Acara ini dipandu oleh Ummi alias Ibu Yeni Hermayanti. Semua siswa ikut berpartisipasi dalam lomba tersebut. Mulai dari siswa kelas X sampai siswa kelas XIII.

Lomba yang paling seru adalah lomba pemisahan sampah organik dan anorganik. Seluruh siswa disuruh untuk memungut sampah-sampah organik dan anorganik yang ada di lingkungan sekolah, mulai dari pintu gerbang, kelas, laboratorium sampai gedung seba guna. Lomba ini benar-benar menguras tenaga dan pikiran. Karena kita harus membagi tugas dengan teman-teman dan saling bekerja sama. Cuaca cerah dan panas tak menghalangi kami untuk mencari sampah-sampah organik dan anorganik tersebut. Peluh keringat membasahi baju kami. Tapi semangat kami tak akan luntur.

Setiap kelas berusaha untuk menjadi yang terbaik. Mereka berusaha mengumpulkan sampah-sampah tersebut sebanyak mungkin. Dan ketika waktu yang telah ditentukan telah habis, maka tim penilai pun menilai usaha-usaha yang telah dilakukan masing-masing kelas. Tim penilai untuk pemisahan sampah organik dan anorganik ini adalah ibu Fitriyeni, Ibu Barwita Yuniana, Ibu Sylvi, bapak Dwi Marianto. Sedangkan untuk penilaian kreativitas, dinilai oleh bapak Musa Rasyidin. Mereka semua akan memilih kelas-kelas yang pantas untuk diberi penghargaan.
Selain adanya lomba-lomba, guru-guru di SMAK Padang juga membuat peraturan baru untuk kelas X sampai kelas XII, bahwa piket kelas bertugas untuk membersihkan kelas sebelum bel berbunyi, menyiram tanaman yang ada di depan kelas.

Nah, dengan ini kesehatan kita akan terjaga dan akan nyaman. Mari kita jaga lingkungan disekitar kita, dimulai dari diri kita sendiri . Setujuuuuu ga'?

No comments:

Post a Comment