Translate

Friday 13 August 2010

Keajaiban Dunia

KEAJAIBAN DUNIA



Kuil Artemis di Efesus

Kuil Artemis berada di Efesus, yang letaknya di asia kecil. Di peta masa kini, lokasinya berjarak 50 kilometer dari Izmir di Turki. Kuil yang dibangun sekitar tahun 800 SM ini merupakan persembahan bagi Dewi Agung Artemis Diana. Kala itu, orang – orang di Efesus menganggapnya sebagai Dewi Kesuburan. Akibat perang dan usia, menjadikan kuil Artemis tinggal cerita saja.

Kuil yang Megah

Kuil Artemis termasuk dalam keajaiban dunia karena bangunan ini sangat megah dan terbuat dari bahan yang mahal. Bangunan ini memiliki 127 pilar yang sanagt kuat. Tinggi masing – masing pilar mencapai 20 meter. Sedangkan panjang kuil tidak kurang dari 180 meter, dan lebar 30 meter. Hampir keseluruhan bangunan ini dilapisi marmer. Malah di dalamnya terdapat juga patung – patung yang terbuat dari perunggu.

Tinggal Puing

Ada sejumlah arsitek yang tercatat sebagai perancang Artemis. Mereka hidup di masa yang berbeda. Hal itu disebabkan kuil ini sempat hancur dan dibangun kembali di masa yang berbeda. Arsitek tersebut diantaranya adalah Chersiphron dan Metagenes (600 SM), Theodorus (550 SM), dan Scopas dari Paros (320 SM).

Kini kita tidak bisa melihat kuil megah ini. Kerusuhan, peperang dan usia telah memperburuk kondisi bangunan tersebut. Pada masa sekarang, yang bisa kita lihat hanya puing – puingnya saja.

Herostratus

Kuil Artemis pernah dibakar oleh seseorang yang bernama Herostratus. Ia melakukannya agar namanya menjadi terkenal dan tercatat dalam sejarah. Kemarahan warga Efesus tidak terbandung. Mereka menghukum Herostratus. Karena benci, penduduk Efesus tidak diperkenankan menyebut nama pemuda itu. Siapa yang melanggar akan mendapat hukuman juga.

MENARA PISA

Menara pisa berada di Italia. Menara ini mulai dibangun sekitar tahun 1173. Semula bangunan ini dibangun tegak lurus. Namun lama – kelamaan menara ini menjadi miring. Arsitek awal dari bangunan setinggi 58 meter ini adalah Bonna Pisano. Pada masa – masa berikutnya sejumlah arsitek ikut menyumbangkan gagasan dalam pembangunan menara ini. Setiap tahun kemiringan menara pisa selalu bertambah. Itu sebabnya para ahli bangunan mencoba melakukan perbaikan agar peninggalan sejarah ini bisa tetap bertahan.

Delapan Lantai

Menara Pisa terdiri dari delapan lantai. Di lantai paling atas diletakkan sejumlah lonceng. Untuk naik ke lantai paling atas, seseorang harus menaiki tangga yang berbentuk spiral. Jumlah anak tangga yang harus dinaiki berjumlah 294 buah. Gaya bangunan menara pisa tidak jauh berbeda dengan bangunaqn – bangunan keagamaan di Italia yang bergaya Roma.

Ditarik Kawat Baja

Setiap tahun kemiringan menara pisa bertambah. Jika dibiarkan menara ini bisa jatuh dan hancur. Karena itupara ahli konstruksi bangunan, matematika, dan ahli geologi berusaha menyelamatkannya. Caranya adalah dengan menarik menara ini dengan kawat baja ke arah berlawanan dari posisi kemiringan menara. Di samping itu, letakkan juga sekitar 800 ton pemberat di bawah konstruksi menara dengan arah yang sama. Cara ini berhasil. Pada bulan Juni 2000, kemiringan menara bisa dikurangi 16 cm, dan mengembalikan posisinya seperti pada tahun 1870.

Fakta

§ Menurut penelitian, kemiringan menara pisa adalah 5,5 derajat. Setiap tahun kemiringannya bertambah 1 mm dihitung secara vertical dari puncak menara ke tanah.

§ Berat menara pisa 14.500 ton.

SEGITIGA BERMUDA

Segitiga Bermuda adalah sebuah wilayah yang dibentuk oleh tiga titik tempat, yaitu Miami di Florida, Amerika Serikat, San Juan di Puerto Rico dan Bermuda. Sejak dulu wilayah ini dianggap berbahaya bagi pelayaran maupun penerbanagn. Anggapan ini didasarkan pada catatn hilangnya sejumlah pesawat maupun kappa secara misterius di wilayah ini. Tidak heran jika kemudian muncul banyak dugaan dan teori mengenai wilayah tersebut.

Jajak yang Hilang

Salah satu yang tragedy yang terjadi di Segitiga Bermuda ini adalah kisah penerbangan 19 (Flight 19). Pada peristiwa yang terjadi di tahun 1945 ini. lima buah pesawat Avenger pembom milik angkatan udara Amerika Serikat hilang tanpa jejak. Diperkirakan kelima pesawat itu mengalami kecelakaan dan terjatuh di laut. Namun penyebab yang pasti belum diketahui. Kisah lainnya adalah hilangnya pesawat DC – 3 denga 32 penumpangnya di perairan Florida. Pesawat inipun tidak ditemukan.

Berbagai Dugaan

Para ahli mencoba membuat perkiraan tentang segitiga Bermuda. Perkiraan tersebut diantaranya adalah arus laut. Teori ini menyebutkan, arus laut sangat kuat, ada yang mencapai 5 mil per jam. Kekuatan ini bisa menyeret kapal hingga bermil-mil jauhnya. Perkiraan lainnya adalah cuaca tropis. Di sini banyak terjadi badai yang sangat kuat. Badai itu terbentuk dengan cepaqt tanpa diduga. Kekuatan inilah yang bisa menghancurkan pesawat atau kapal yang nmelintas di Segitiga Bermuda.

BAHASA INDONESIA

Glosarium :

Artikulator : Alat untuk menciptakan bunyi yang terdapat dalam rongga mulut.

Artikulasi : Pembicaraan atau percakapan seseorang.

Titik artikulasi : Titik pertemuan antarartikulator yang dapat menghasilkan bunyi bahasa.

Daerah artikulasi : Bagian – bagian rongga mulut tempat terciptanya bunyi bahasa.

Abjad : Pengucapan fonem / huruf secara teratur dan berurutan mulai dari a sampai z.

Alfabet : Penulisan lambing bunui / huruf secara teratur dan berurutan mulai dari a sampai z.

Suku kata : Bagian kata yang tidak dapat dipisahkan lagi.

Kata : Kumpulan atau kesatuan huruf yang mengandung suatu makna atau pengertian.

Akar Kata : bagian kata pembentuk kata dasar.

Morfem : Bentuk bahasa terkecil yang dapat membedakan arti.

Fonem : bunyi bahasa terkecil yang dapat membedakan arti.

Vokal : bunyi ujaran yang dikeluarkan dari rongga mulut tanpa hambatan.

Konsonan : huruf mati yang ditambah dengan huruf vocal makan akan menjadi satu suku kata (bunyi ujaran yang dikeluarkan mengalami hambatan ).

Diftong : Gabungan dua buah vocal yang berbeda diucapkan dalam waktu yang sama.

Diagraf : Gabungan dua buah konsonan yang berbeda dan diucapkan dalam waktu yang sama.

Intonasi : Tekanan yang terdapat dalam kalimat (tekanan dinamik, nada, dan tempo).

Jeda : Terhentinya bunyi ujaranm sebentar karena adanya tanda baca.

Aksen : Tekanan suara yang terdapat pada kata.

Metrum : Tekanan suara yang terdapat pada puisi.

Dialek : Langgam atau logat bahasa yang digunakan oleh sekelompok orang atau di daerah tertentu.

Idiolek : Ciri – cirri khas individu / seseorang dalam berbicara.

Fona : Bunyi bahasa terkecil yang tidak dapat membedakan arti.

Lema : Susunan kata- kata dalam kalimat atau dua kata / lebih yang serba salah.

KIMIA ANALISIS

Pengertian

Kimia analisis adalah salah saru cabang ilmu kimia yang dapat mempelajari atau menyelidiki tentang susunan suatu persenyawaan atau campuran. Kimia analisis dibagi 2 yaitu :

  1. Kimia Analisis Kuantitatif 9jumlah)

Yaitu analisis yang dapat menentukan berapa banyaknya atau jumlah suatu zat yang terdapat di dalam suatu sample (bahan). Kimia analisis jumlah dapat dinyatakan dalam persen, Molaritas, Normalitas, ppm, ppb, dll.

  1. Kimia Analisis Kualitatif (Jenis)

Yaitu analisis yang menyelidiki atau mempelajari jenios atrom, ion, atau moleku penyusun suatu persenyawaan.

ANALISIS FOTOMETRI

Kolorimetri adalah suatu metoda analisis yang digunakan untuk menentukan konsentrasi larutan sample berdasarkan kesamaan warna antara larutan sample dan standar menggunakan sinar polikromatis sebagai sinar dan mata sebagai detector.

Spektrofotometri adalah suatu metoda analisis yang digunakan untuk menentukan konsentrasi larutan sample yang berwarna dengan menggunakan sinar polikromatis sebagai sumber dan perangkat listrik sebgai detector.

No comments:

Post a Comment