Translate

Tuesday 24 January 2012

URIN

Bismillaahirrahmanirrahiim

Urin adalah suatu larutan yang kompleks yang merupakan hasil sisa metabolisme yang terdiri dari unsur organik dan anorganik dan bahan - bahan yang dimakan , misalnya obat-obatan.

Dalam pemeriksaan urin, dapat digunakan pengawet, diantaranya toluen, tymol, asam sulfatpekat, formalin, dan lain-lain. Urin yang akan diuji adalah urin dalam keadaan segar dan tanpa pengawet. Adapun jenis pemeriksaan urin rutin adalah sebagai berikut :
1. Pemeriksaan Fisis
2. Pemeriksaan Protein
3. Pemeriksaan Reduksi
4. Pemeriksaan Billirubin
5. Pemeriksaan Urobilin
6. Pemeriksaan Sedimen

Berat jenis urin dapat diukur dengan alat bernama urinometer. Normalnya, urin tidak akan pernah keruh, tetapi jerjih. Jika terjadi kekeruhan pada urin, maka kemungkinan terjadi kerusakan pada ginjal atau saluran ekskresi pada tubuh. Ada beberapa jenis urin yang perlu diketahui :

1. Urin Pagi,yaitu urin yang diambil pertama kali pada bangun tidur. Gunanya untuk pemeriksaan ginjal dan pemeriksaan kencing manis.
2. Urin Sewaktu, aitu urin yang diambil sembarang waktu, gunanya untuk pemeriksaan ginjal dan diabetes.
3. Urin 2 jam PP atau 2 jam sesudah makan, yaitu mengambil urin 2 jam setelah makan, gunanya untuk pemeriksaan diabetes.
4. Urin 4 porsi, yaitu urin yang diambil setiap 6 jam, jam 12 siang, jam 18 sore, jam 24 malam.
5. Urin 3 porsi, yaitu urin yang digunakan untuk menentukn tempat kelainan, contohnya ginjal rusak, saluran kencing terinfeksi.
6. Urin 24 jam, yaitu urin yang diambil, dikumpulkan selama 24 jam secara terus-menerus mulai dari jam 6 pagi sampai jam 6 pagi besoknya dalam satu wadah.
7. Urin 12 jam, yaitu urin yang dikumpulkan selama 12 jam secara terus-menerus baik siang maupun malam. Gunanya untuk pemeriksaan ginjal.

2 comments:

  1. Wimvy,, apa alasannya kenapa ibu hamil di sarankan memakai urin pagi untuk pemeriksaan kehamilannya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena urin pagi itu belum terkontaminasi oleh zat-zat lainnya. Sehingga menghasilkan data yang valid nantinya.

      Delete