Translate

Friday 15 July 2011

Antibiotik, Antiseptik, dan Desinfektan

Bismillaahirrahmanirrahiim

Pengertian Antibiotik, Antiseptik, dan Desinfektan


1. Pengetian kadar atau potensi
Kadar adalah jumlah per satuan berat atau volume. Potensi adalah ukuran kekuatan atau daya hambat atau daya bunuh zat aktif terhadap mikroorganisme tertentu.

2. Antiseptik
Yaitu bahan atau zat yang dapat membunuh atau menghambat pertumbuhan mikroorganisme pada jaringan hidup khususnya di atas kulit dan selaput lender. Contoh : sabun mandi, obat-obat kulit, dan obat-obat kumur.

3. Desinfektan
Yaitu suatu bahan yang dapat membunuh atau menghambat pertumbuhan suatu mikroorganisme terutama mikroba atau bakteri pathogen atau membahayakan yang terdapat pada benda mati, seperti : alat-alat injeksi dan operasi, lantai, kolam berenang, dan lain-lain. Contoh : kaporit pada PDAM (Cl), densol, formalin 4 %, kabol, So Klin Lantai, Wipol, Super Pell, dan lain-lain.

4. Antibiotik
Yaitu zat yang dihasilkan oleh suatu mikroorganisme yang mana hanya dalam jumlah sedikit dapat membunuh mikroorganisme lain. Contoh : Streptomycin, Penicillin, Amoxylin, Ampycillin, dan Chloromfenicol.

5. Difusi
Yaitu perpindahan zat (gas, cair, atau zat-zat padat) dari larutan berkadar atau berkerapatan tinggi ke larutan berkadar atau berkerapatan rendah , sehingga kerapatan atau kadar tersebut sama dimana-mana.

6. Osmosis
Yaitu perpindahan air atau zat pelarut dari larutan yang kerapatannya rendah ke larutan yang kerapatannya tinggi melewati membran semipermeable. Osmosis juga dapat berrti difusi air keluar masuk sel.

7. Plasmolisis
Yaitu lepasnya selaput plasma atau membran sel dari dinding sel.

No comments:

Post a Comment